Tips Merawat Gigi pada Balita

TipsMerawat Gigi pada Balita. Mengajarkan anak merawat gigi sejak dini adalah hal pisitif. Selain menjaga gigi tetap sehat, juga mencegah gigi mengalami kerusakan. Salah satu cara merawat gigi anak adalah rajin memeriksakan ke dokter gigi enam bulan sekali dan menghindarkan anak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.
 

Perawatan gigi sangatlah penting, khususnya di usia dini. Sebab, gigi yang sehat di usia masih balita akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan gigi hingga dewasa. Usia 6 sampai 8 bulan adalah masa emas untuk memulai merawat gigi balita. Sebab, pada masa inilah, bayi kali pertama mengalami pertumbuhan gigi pertama. Pada masa bayi, gigi balita harus tetap dirawat dan dibersihkan. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan gusinya dengan kain lembut atau kain kassa setelah menyusui. Ketika usia 1 tahun ke atas, seorang balita mulai tertarik pada makanan manis sperti permen, cokelat, dan lain-lain. Jika mengonsumsinya secara berlebihan tanpa dibarengi dengan rutin menggosok gigi, maka gigi si kecil akan rentan menglami kerusakan, mulai dari karies gigi hingga berlubang.
 

Plag atau sisa makanan pada gigi adalah oenyebab kerusakan pada gigi. Jika hal ini dibiarkan, akan membuat gigi kotor dan cepat membusuk. Akibatnya adalah gigi rusak seperti berlubang dan hitam. Untuk mengurangi kerusakan gigi, yang perlu dilakukan adalah dengan menghindarkan anak atau balita mengonsumsi makanan kaya gula. Sakit gigi akibat makanan manis biasanya ditandai dengan produksi air liur meningkat selama proses makan dan membantu menetralisir produksi asam serta ‘mencuci’ partikel-partikel makanan dari mulut. Untuk membuat gigi anak terjaga dan sehat, orang tua harus mebiasakan mengusap gusinya dengan kain basah dan membiasakan minumnya memakai gelas, bukan dengan sedotan ketika usianya sudah mencapai satu tahun.

Tips Merawat Gigi pada Balita

Jangan biarkan bayi menyusu, terutama dari botol terlalu lama karena tidak baik untuk pertumbuhan giginya. Hindari membiarkan botol atau dot menempel pada mulutnya selama tidur. Biasakan anak sikat gigi dua kali sehari sebelum tidur dan sehabis makan. Biarkan anak-anak memilih sendiri skat gigi yang mereka inginkan, hal ini untuk memotivasi mereka rajin sikat gigi. Selain itu, periksakan gigi buah hati ke dokter gigi secara teratur, jangan hanya saat merasa sakit saja.