7 Tips Merawat Telinga si Kecil

7 Tips Merawat Telinga si Kecil. Telinga salah satu organ penting yang harus dijaga. Karena itu, bersihkan telinga anak minimal satu minggu sekali. Caranya pun juga tidak boleh asal, tidak boleh terlalu dalam, dan tentunya dengan alat yang tepat. Kelancaran tumbuh kembang anak tentu juga dipengaruhi oleh indera yang menunjang perkembangannya, salah satunya adalah telinga. Telinga berperan penting dalam komunikas sehari-hari. Ketika anak bisa mendengar dengan baik, maka proses belajarnya menjadi lebih baik. Karena itu, perawatan bagi organ yang satu ini juga harus dilakukan. Berikut beberapa tips dalam merawat telinga pada anak yang harus diperhatikan.

7 Tips Merawat Telinga si Kecil

Bersihkan Teratur

Tips merawat telinga pada anak yang pertama adalah membersihkan telinga secara teratur seminggu sekali, jangan terlalu sering. Gunakan cutton bud yang sesuai ukuran telinga anak kecil.

Jangan Terlalu Dalam

Tips merawat telinga pada anak yang kedua adalah jangan memasukkan terlalu dalam ketika membersihkan. Karena hal ini menyebabkan serumen atau kotoran telingan malah terdorong makin ke dalam. Sebenarnya serumen ini akan secara alami keluar ketika mandi atau keramas bersamaan dengan pengelupasan kulit liang telinga.

Saat Usia Bayi

Ketika usia bayi, cukup bersihan bagian luar telinga anak dengan tisu atau handuk. Baru ketika anak sudah bisa kooperatif ketika dibersihkan, lakukan pembersihan dengan cutton bud. Karena jika anak masih rewel dan orang tua memaksa, dikhawatirkan akan melukai liang telinga. Sementara itu, bagi anak yang belum bisa dibersihkan dengan cutton bud, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga anak enam bulan sekali.

Bantuan Dokter

Tips merawat telinga pada anak yang berikutnya adalah meminta bantuan dokter apabila produksi kotoran terlalu banyak sehingga menyebabkan liang telinga tertutup. Selain itu, obati infeksi saluran nafas dengan baik untuk mencegah timbulnya infeksi telinga yang disebabkan oleh infeksi saluran nafas tersebut.

Posisi Menyusui

Pada bayi, saat menyusui baiknya posisi ibu duduk agar kepala bayi datar. Hal ini mecegah air susu masuk ke bagian telinga dan membuat telinga tidak steril.

Hindari Tempat Bising

Tips merawat telinga pada anak yang keenam adalah hindari bermain di arena yang memiliki tingkat kebisingan tinggi berlama-lama. Hindari pula penggunaan obat tetes telinga yang bukan dari anjuran dokter. Karena pemberian obat tetes yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada saat oendengaran.

Gangguan Telinga

Tips merawat telinga pada anak yang terakhir adalah waspadai gangguan pendengaran pada anak. Biasanya mereka susah untuk mengatakan apabila ada gangguan pada telinganya. Karena itu, Anda harus lebih memperhatikan gejalanya. Missal, ketika anak berbicara dengan suara keras atau menonton televise dengan volume yang terlalu keras, maka Anda harus mulai curiga adanya gangguan.


Demikian beberapa tips untuk merawat telinga pada anak, semoga bisa bermanfaat.