Bahaya Sinar UV pada Kulit Wajah

Bahaya Sinar UV pada Kulit Wajah. Kulit adalah lapisan terluar dari tubuh. Bagian tubuh yang kali pertama akan terpapar polusi dan radiasi sinar matahari adalah kulit. Karena itu, perawatan kulit juga harus diperhatikan. Jika tidak, maka banyak masalah kulit timbul yang dapat mengganggu kesehatan dan penampilan.
bahaya sinr UV bagi kulit wajah
Outer beauty atau kecantikan luar, salah satunya terpancar dari kesehatan kulit wajah. Karena itu, mempunyai kulit yang bersih, halus, segar, sehat, dan kencang tampaknya tidak kalah pentingnya bagi wanita. Untuk mendapatkannya, tentu ada beberapa perawatan yang harus Anda lakukan, slah satunya adalah perlindungan kulit wajah dari sinar matahari. Ada beberapa sinar ultraviolet (UV) yang dihasilkan oleh matahari, yang pertama adalah sinar UVA. Sinar UVA ini selalu ada, di saat musim panas atau cuaca mendung sekalipun. Sinar UVA begitu kuat hingga dapat menembus pakaian, awan, dan kaca. Jika terpapar UVA terlalu lama, kulit juga dapat rusak dan mengalami penuaan dini. Yang kedua adalah sinar UVB, yang dipancarkan oleh matahari dan dapat mengakibatkan kulit terbakar. Tidak seperti sinar UVA, UVB tidak terpancar sepanjang waktu. Matahari aktif memancarkan sinar UVB, biasanya pada bulan-bulan musim panas, selain itu sinar UVB juga bisa dipantulkan di salju dan air. Dan yang terakhir adalah sinar UVC. Walau dinilai paling berbahaya, namun untungnya sinar UV ini tidak sampai ke permukaan bumi karena dapat diserap oleh lapisan ozon.
bahaya sinr UV bagi kulit wajah

Ada empat bagian kulit, yang terluar adalah honey layer, lalu dilanjutkan dengan epidermis, dermis, dan hypodermis. Untuk sinar UV B, paparan radiasinya hanya sampai separuh lapisan dermis saja. Namun untuk sinar UV A, paparannya bisa mencapai ujung lapisan dermis, hampir menuju ke hypodermis. Paparan sinar UV ini dapat menyebabkan penebalan epidermis, sunburn(peradangan kulit karena sinar matahari), proses penuaan kulit, imonosupresi (melemahnya sistem kekebalan tubuh) hingga kanker kulit. Salah satu akibat dari sinar UV yang paling banyak adalah penuaan dini. Sejalan dengan usia yang bertambah dan paparan sinar UV dari matahari, kulit akan mengalami penurunan kekencangan, menjadi kering, kasar dan kendur, adanya bentukan tumor jinak, komedo, gangguan pigmentasi, dan muncul keriput.

bahaya sinr UV bagi kulit wajah

Penuaan dini sendiri ada dua macam, yang pertama instrinsic aging yang bersifat fisiologis, dan yang kedua adalah photoaging. Ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang kronik atau dalam jangka lama. Untuk penuaan dini macam ini bisa dicegah dengan menghindari sinar matahari, menjaga agar kulit tetap bersih, dan memakai krim pelembab. Selain itu penggunaan sunblock juga sangat pentin. Apalagi untuk anda yang aki di luar ruangan. Syarat tabir surya yang baik diantaranya dapat menahan UV A dan UV B, tidak mengandung parfum, waterproof (tahan air), non PABA, dan SPF lebih dari 15.


Itu dia penjelasan singkat mengenai bahayanya sinar UV bagi kulit wajah, semoga bisa bermanfaat.