Cara Alami Melancarkan Asi

Cara Alami Melancarkan Asi. Pada dasarnya, setiap ibu punya kemampuan untuk memproduksi ASI (Air Susu Ibu). Namun karena kondisi tertentu, ASI menjadi tidak lancer bahkan tidak keluar sama sekali. Tapi dengan melakukan inisiasi menyusui dini berupa kontak kulit bayi baru lahir, akan menjadi salah satu solusi untuk memperlancar ASI. Bagi seorang ibu, memberikan asi eksklusif pada sang bayi menjadi kebanggan tersendiri, apalagi jika ASI yang diproduksi bsa keluar dengan lancer dan melimpah. Belum lagi manfaatnya, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan memiliki kekebalan tubuh lebih baik dan terhindar dari penyakit.

Cara Alami Melancarkan ASI

Namun, bagaiana jika keinginan tersebut tidak bisa dilakukan lantaran produksi ASI tak lancar? Dalam pembentukan ASI, proses yang dialami antara ibu menyusui satu dengan ibu menyusui lainnya itu sama saja. Yang dapat membedakan itu adalah status gizi yang dikonsumsi dan kesehatan ibu menyusui. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa cara yang harus dilakukan ibu menyusui untuk melancarkan produksi ASInya. Cara pertama yang harus diperhatikan ibu menyusui untuk memperlancar ASI adalah dengan cara melakukan inisiasi menyusui dini, dengan cara melakukan kontak kulit terlebih dahulu. Di sini bayi diharuskan menghisap terus menerus putting susu sang ibu. Dengan hisapan bayi tersebut, akan terjadi let down reflex(reflek oksitosin) yang dapat merangsang kelenjar air susu ibu sehingga ASI yang diproduksi menjadi lancar. Selain beberapa sentuhn itu, ibu menyusui juga dapat melakukan relaksasi. Ibu menyusui harus dalam kondisi tenang, tidak memiliki tekanan, mendapat dukungan suami, keluarga dan orang-orang terdekat.

Ibu menyusui juga harus minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas per hari. Selain itu ibu menyusui juga harus memperhatikan makanan yang dimakan. Makanlah makanan yang bergizi seimbang dilengkapi dengan protein, sayur, dan buah.

Cara Alami Melancarkan ASI

Dalam memnyusui bayi, fisik dan psikis ibu juga harus diperhatikan. Tak jarang, ada beberapa ibu yang setelah melahirkan mengalami depresi yang sering disebut baby blues syndrome. Jika ibu menyusui mengalami depresi pasca melahirkan, yang ditakutkan ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui tidak akan berproduksi dengan baik. Selain itu, support dari suami dapat mempengaruhi kondisi psikis ibu. Bantuan suami tersebut seperti menggendong bayi, memandikan bayi, membantu menidurkan bayi, bahkan memperhatikan sang istri pasca melahirkan. Dengan perhatian-perhatian tersbut, istri akan merasa dirinya tenang, sehingga ibu senang dapat memberikan ASI pada basyi secara eksklusif.


Demikian cara alami melancarkan ASI, semoga dapat membantu untuk ibu-ibu menyusui.