Cara Mengatasi Tipe Belajar Anak

Cara Mengatasi Tipe Belajar Anak. Mempunyai anak cerdas yang berprestasi tentu menjadi keinginan semua orang tua. Namun, tahukan Anda bahwa prestasi dipengaruhi juga oleh tipe belajar yang diaplikasikan si kecil. Jika tipe belajar yang digunakan sesuai dengan karakter anak, maka proses belajar berjalan efektif dan mendongkrak prestasi. Berikut cara mengenali tipe belajar anak.
Foto By : nisrina.co.id

Kemampuan belajar setiap anak berbeda. Kerana itu, diperlukan teknik yang sesuai agar proses belajar anak berjalan efektif. “Efektivitas belajar ini tentu akan mempengaruhi penerimaan belajar,” kata dr Hartanti MSi. Salah satunya yang mempengaruhi efektif tidaknua belajar anak adalah pemilihan tipe belajar yang sesuai. Menurut psikolog Hartanti, ada tiga tipe belajar anak, diantaranya :

1. Tipe Visual

Foto By : skanaa.com
Tipe belajar anak yang pertama adalah tipe visual. Tipe visual ini biasa belajar dengan cara membaca, melihat bentuk gambar, grafik, diagram, tayangan slideshow, atau apa pun yang bisa dilihat. Karena itu teknik belajar terbaik untuk anak tipe ini adalah dengan membuat diagram, gambar, atau membaca. Suasana yang tepat untuk anak dengan tipe belajar ini adalah belajar sendiri dalam suasana tenang dan sepi.
Cara mengenalinya, biasanya anak dengan tipe belajar ini lebih suka belajar sendiri daripada belajar bersama dengan teman. Dia akan bingung ketika diajak berdiskusi dengan teman lainnya.

2. Tipe Audio

Foto By : Kaskus
Tipe belajar anak yang kedua adalah tipe audio. Tipe belajar dengan cara mendengarkan, seperti berdiskusi, mendengarkan guru atau orang lain saat membaca pelajaran. Anak dengan tipe belajar ini akan lebih mudah menangkap pelajaran dengan apa saja yang ia dengarkan. Salah satu teknik belajar yang bisa dilakukan di rumah adalah belajar sambil membaca dengan suara keras. Karena dengan mendengar suara sendiri, ia akan cepat menangkap apa yang ia pelajari.
Cirri-ciri anak dengan tipe belajar ini adalah anak tidak suka membaca, suka belajar kelompok, dan diskusi.

3. Tipe Kinestetik

Foto By : anakbertanya.com
Tipe belajar anak yang ketiga adalah tipe kinestetik. Tipe belajar ini lebih menekankan pada praktik. Pada tipe ini, anak ska menulis, membuat suatu ringkasan, membuat sendiri diagram untuk mempermudah daya tangkap belajarnya. Atau bisa juga dengan praktik langsung dari materi pelajaran yang ia pelajari. Anak dengan tipe belajar ini biasanya terlihat jarang tekun belajar, mudah bosan, cenderung usil di kelas, namun terkadang suka mengajari teman. Karena itu, anak dengan tipe belajar ini, dibutuhkan ruang belajar yang luas. Agar anak juga tidak cepat bosan, sediakan snack sehat dan waktu istirahat. Beri relaksasi indra di sela-sela belajarnya.

Selain itu, ada juga anak yang mempunyai tipe belajar double (multimodal). Tipe audio yang juga jinestetik, atau tipe visual dan audio. Jika buah hati Anda termasuk multi tipe ini, maka memfasilitasinya akan lebih mudah. Selain dengan mencocokkan cirri-ciri di atas, untuk mengatasi buah hati Anda termasuk tipe belajar yang mana, ada alat ukur untuk mengetahuinya. Atau bisa juga dari pengamatan dan dominasi anak lebih nyaman dengan cara belajar yang mana.

Sumber : Tabloid Nurani